Halalkah cantikmu :)

kosmetik halal

Di belahan dunia manapun, wanita selalu ingin tampil cantik. Karena itulah, keturunan hawa tidak boleh terlepas dari kosmetik. Ya, wanita, saya (lelaki) dan Anda (pembaca) telah begitu terbiasa menghias diri dengan kosmetik dan produk2 kesihatan.
Akan tetapi, tahukah Anda? 60% dari produk kosmetik –terutama produk perawatan kulit- diserap oleh kulit dan masuk ke pembuluh darah. Akibatnya, zat-zat yang terkandung dalam produk tersebut akan mengalir dan diserap oleh tubuh; seperti makanan. Maka, layaknya makanan, penting bagi kita-terutama wanita muslimah- untuk memperhatikan keamanan dan kehalalannya. (Walaupun ada juga produk yang hanya melapisi bagian luar kulit, perlakuannya tetap sama. Logiknya, sudikah diri anda jika lemak babi atau bahan berbahaya seperti mercury dioleskan pada wajahmu?). Sayangnya, dewasa ini banyak produk kosmetik dan skin care yang mengandung bahan-bahan yang diragukan aspek kehalalannya.
Jadi, patutlah kita pertanyakan…
Telah halalkah kecantikan kita?
Dengan kata lain, apakah kosmetik yang kita gunakan halal?
Tips memilih kosmetik yang halal
1. Logo halal dari Jakim Malaysia

Logo Halal Malaysia
Produk yang telahmendapat sijil halal akan meletakkan logo di atas pada packingnya. sijil inilah yang menentukkan kehalalan produk dari segi bahan, komposisi (kandungan) dan proses pengolahan produk tersebut. Perusahaan yang telah mendapat sijil halal berarti telah menerapkan pengurusan penjaminan produk agar tetap halal (Sistem Jaminan Halal). Dengan kata lain, benar-benar terpercaya!
Tetapi, cubalah lihat label kosmetik anda. Yakin deh, label halal akan jarang Anda temukan. Ya, banyak produsen kosmetik local masih kurang memperhatikan pentingnya sijil halal
2. Untuk produk yang berasal dari luar negara, telah banyak organisasi rasmi maupun induvidu yang menerbitkan sijil halal. Salah satu lembaga/organisasi yang dapat menjadi acuan kita adalah Muslim Consumer Group: lembaga persijilan milik komuniti muslim di US. 
3. Jika produk kosmetik yang Anda pakai belum dipersijil halalkan baik di dalam maupun luar negeri, cubalah melihat daftar komposisi bahan (ingredients) yang biasanya terdapat dalam packing produk tersebut. produksi yang jujur akan memberitahu semua bahan yang digunakan. Seboleh mungkin hindarilah bahan-bahan yang Haram dan merbahaya terhadap bahan kosmetik.
Bahan Kosmetik Haram

Dalam situs halalmui.org, Wakil Direktur LPPOM MUI Bidang Auditing, Ir. Muti Arintawati, M.Si, mengungkapkan bahwa berdasarkan asalnya, kosmetik dapat dikategorikan berasal dari beberapa sumber bahan, yaitu tumbuhan, haiwan, sintetik kimia, mikroba dan manusia.

Bahan yang berasal dari tumbuhan secara natural halal kecuali yang telah tercampur dengan enzim haiwan. Menurut  fashionesedaily.com, Seluruh bahan ekstrak dari binatang yang diharamkan–seperti babi dan anjing–dapat dipastikan haram kerana sifat/jenisnya memang diharamkan dalam islam. Bahan-bahan yang berasal dari haiwan lain dan turunannya biasanya tergolong nonhalal–kecuali dari jenis ikan dan lebah–bukan karena sifat bahannya yang haram, melainkan karena prosesnya (penyembelihan) yang dikhawatirkan tidak sesuai dengan syariah. Selain itu juga karena alasan etika.
Sementara itu, bahan sintetik kimia harus disedikit lebih jauh apakah ia berasal dari sintetik tumbuhan atau haiwan. Sedangkan bahan dari manusia dapat dipastikan haram karena menggunakannya berarti kanibalisme.
Bahan yang telah dinyatakan haram oleh MUI antara lain Plasenta Manusia dan Sodim Heparin (kerana berasal dari babi).
Bahan Kosmetik Mubah
Berikut daftar beberapa bahan kosmetik mubah yang dapat dihimpun:
No
Nama Bahan
Keterangan
Haram jika …
Produk
1PlasentaPlasenta atau dapat mempertahankan kekenyalan kulit. Ia dapat berasal dari manusia dan hewan mamalia seperti lembu, babi, dan kambing. Hati-hati karena bahan ini kadang disamarkan dalam kemasan produk dengan nama ‘protein’berasal dari manusia dan hewan haram. Sedangkan plasenta dari hewan yang halal dan diperoleh melalui proses persalinan, boleh digunakan.Lipstik, pelembab bibir, perfum, cream wajah,  pelembab kulit, sabun mandi, dan bedak.
2Cairan Amnion Merupakan cairan yang melindungi janin dari benturan fisik dalam rahim. Berfungsi menghaluskan kulit. Bahan ini dapat berasal dari manusia, sapi, lembu jantan dan babi.berasal dari manusia dan haiwan haramPelembab, lotion rambut dan perawatan kulit kepala serta shampo
3Glyserin / GliserolMerupakan turunan lemak hasil samping pembuatan sabun. Berfungsi melembutkan dan menghaluskan kulit. Bahan ini dapat dibuat dari hidrolisis lemak atau minyak dari hewan atau tumbuhan (turunan lemak), sintetik kimia yang berasal dari gas propilena (minyak bumi) atau produk microbial.berasal dari hewan yang haram.Pembentukan gliserin ini bisa melibatkan enzim yang berasal dari haiwan yang juga harus diwaspadai aspek kehalalannya.Sabun mandi, pelembab, hand and body lotion, face pack, masker, liquid face powder, lipstick, lipgloss, protective cream (sun block), skin freshener dan pasta gigi.
4KolagenKolagen berasal dari jaringan ikat kulit  babi, biri-biri, kambing, sapi (bovine collagen, zyderm) dan organ manusia. Berfungsi menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang sering digunakan untuk kosmetik adalah kolagen dari babi karena lebih ekonomis dan lebih bagus. sekiranya produk tersebut mengunakan kolegen daripada tumbuhan, ianya adalah halalan toiban.berasal dari manusia dan haiwan haram dan tumbuh-tumbuhanPelembab, hand & body lotion, produk rejuvenasi kulit baik secara implant maupun topical (dioleskan)
5Alfa Hidroksi Acid (AHA)Berfungsi mengurangi kerepot/berkedut dan memperbaiki tekstur kulit. Salah satu senyawa AHA yang banyak dipakai adalah asam laktat (lactic acid).Pembuatan asam laktat melibatkan media yang berasal dari haiwan yang harus diwaspadai aspek kehalalannya.
6VitaminTerdapat beberapa vitamin yang mempunyai sifat tidak stabil, sehingga harus distabilkan dengan bahan penstabil. Bahan yang sering dipakai diantaranya adalah gelatin (yang berasal babi dan sapi), karagenan, gum, atau pati termodifikasi.Menggunakan bahan pestabil berupa gelatin dari babiproduk perawatan kulit dan rambut.
7Hormonhormon estrogen, ekstrak timus dan melantonin adalah contoh hormon yang biasa digunakan pada kosmetik. Hormon tersebut dapat memberi kesan seakan pengguna lebih muda, cantik, dan segarHormon berasal dari haiwan sehingga harus diteliti lagi aspek kehalalannya.
8ElastinElastin merupakan komponen jaringan ikat kulit selain kolagen. Biasanya terdapat bersama-sama kolagenBerasal dari haiwan haramproduk perawatan kulit dan rambut
9Allantoin dan turunannya meliputi Aluminiumchlorhydroxy Allantoinate, Aluminiumdihydroxy Allantoinate, Allantoin N Acetyl DL Methionine dll.Berfungsi membantu mempertahankan kelembaban dan kelembutan kulit, serta anti iritasi kulit. Allantoin cair dapat diketemukan pada janin mahluk hidup, air kencing anjing, benih gandum, cacing tanah dan komponen organik lainnya.Berasal dari haiwan haram (anjing and babi)produk deodoran, anti iritasi pada perawatan bayi, moisturizing cream and lotion, pasta gigi, produk skin care dan sebagai anti dandruff pada shampo.
10Botox atau botulinum toxin tipe AMerupakan protein kompleks yang dihasilkan dari bakteri Clostridium Botulinum.Proses pembuatan menggunakan serum albumin dari manusia atau haiwan haram
11LanolinSejenis minyak/lemak yang biasanya berasal dari haiwan.Berasal dari haiwan haram/proses penyembelihan tidak sesuai syariahproduk lotion, salep kulit, whitening cream dan pemberi efek glossy pada lipstik.
12KeratinDapat berasal dari protein kacang kedelai maupun protein haiwanBerasal dari rambut manusia atau protein haiwan haramproduk pewarna rambut.
13Asam Hialuronat (Hyaluronic Acid)Berfungsi menjaga kesehatan kulit. Terdapat dalam cairan mata dan tali janin.Berasal dari haiwan haramwhitening cream dan perawatan kulit
14Lemak dan turunannya, seperti lauric acid, stearic acid, gliserin, GMS, cetyl alc, glycolic acid, dan palmitic acid; Nayad (ekstrak khamir); cerebroside; asam amino; cholesterol; cystine (sistina); hydrolised animal protein; lipids; dllBerasal dari haiwan haramlotion, sun block, whitening lotion, lotion, dll.
Bahan Alkohol
Nama Bahan
Keterangan
Cetyl Alcohol – HalalCetyl alcohol adalah alcohol yang terdiri dari molekul berantai panjang. Alkohol ini berbentuk padat sehingga tidak dapat diminum dan tidak dapat diserap kulit. Bahan ini juga tidak beracun.
Cetearyl alcohol – HalalPada kosmetik dan skin care, cetearyl alcohol bukanlah benar-benar alcohol. Zat ini merupakan lilin (wax) yang teremulsi yang dibuat dari tumbuhan.
Ethyl Alcohol – HaramEthyl Alcohol banyak digunakan pada losyen aftershave maupun parfum wanita. Zat ini dapat diserap oleh kulit. Nama lain bahan ini antara lain ethanol dan methylated spirit
4. Jika produk tidak mencantumkan komposisi bahan, kita dapat menghubungi produsen via telepon atau email. Produsen mungkin akan sedikit sensitif bila kita bertanya mengenai kehalalan bahannya. Tetapi ia akan merespon dengan baik bila kita bertanya bahan-bahan produknya dengan alasan takut alergi.

kredit by : goldenfemale.wp

Tiada ulasan:

Catat Ulasan